memhani noken as

Upload: dicki-pramudya

Post on 10-Feb-2018

410 views

Category:

Documents


42 download

TRANSCRIPT

  • 7/22/2019 Memhani Noken As

    1/32

    Memhani Noken As

    Posted bysambatmulyoon January 28, 2010 at 12:52 PM

    comments (0)

    tidak salah memang mengingat noken AS adalah komponen pengatur katub-katub di dalam

    mesin untuk melakukan

    Sedap memang, kalau porting intake dan exhaustmampu mengalirkan kabut udara serta gas sisa

    pembakaran dengan baik,mantap memang jika karburator mampu mengabutkan udara/bahan-bakardengan jos serta exhaust system mampu melepaskan CO dengan losss

    Noken as akan bekerja sakti bila membuka padawaktunya serta bekerja menurut durasi tertentu

    dan berakhir on time.Oleh karenanya tidak akan berguna kita membuat noken as ekstremeuntukmotor standard, juga kurang pas jika noken as dibuat agar mesinbertenaga di rpm tinggi

    namun dipakai untuk motocross. Terlebih pentinglagi adalah pemasangan cam serta dialing

    sebuah noken as sehinggamereka mau membukamenutup sesuai kehendak kita, setelan klepberapayang pas, berapa Lobe Separation Angle yang diinginkan, berapa derajatoverlapping yang

    dimau, dimana posisi Lobe Center diposisikan, sertamaximum valve lift di mesin bukan hanya

    lobe lift.

    Kemampuan kita mengolah data inilah yang akan menjadi sisteminformasi kita dalam

    menentukan riset mesin balap, dimana efek jikasetelan dirubah, di RPM berapa dia bekerjabagus, pada RPM mana dialemah, saat-saat kita bercanda ria dengan mesin kemudianpembalapmencoba motor pada track untuk memberikan feedback bagi engineer akanmenjadikan

    kita sebuah pemerintahan yang baik lho?! Lha kan iya,bukankah kita hidup di negara Rebalap,

    dari pembalap oleh pembalap danuntuk pembalap Huahahhahaha mulai ngaco..!!! Dang!

    Setidaknya apa yang ingin saya bagikan di sini adalah perhitungansederhana, bagaimana

    mengetahui durasi camshaft, pada bahasainternasional tentang camshaft durasi diukur saatbukaan klep atauangka dial gauge menunjuk pada 0.050 inch alias 1,27mm . Lha emangnyakita

    living in the jet plane.. eh emangnya kita hidup di Eropa,Amerika, Australia? Ya gak masalah

    ding, siapa tahu kita bisakonsultasi dengan mekanik asal Swedia seperti om saya

    ituhuahahauahuahauahua ngaco lagi

    Well.. let us make our own standard, biasanya ngomongin durasi ya padaangkatan 1mm, jadi saat

    kamu diliput tabloid, dan bicara durasi motorkamu bilang Cuma 260 derajat bos itu diukurpada angkatan 1mm, jadikan orang pada gak tahu durasi sebenernya saat klep mulai

    membuka0,15mm dan hampir menutup 0,15mm, misalnya hehhehehe senengane kokmain

    rahasia. Biasa kalau sudah terkenal jangan lupa sombong.Hakhakahkahak But its not me.Secara saya belum terkenal.

    http://sambatmulyo.webs.com/apps/blog/show/2707074-memhani-noken-ashttp://sambatmulyo.webs.com/apps/blog/show/2707074-memhani-noken-ashttp://sambatmulyo.webs.com/apps/profile/51814691/http://sambatmulyo.webs.com/apps/profile/51814691/http://sambatmulyo.webs.com/apps/profile/51814691/http://sambatmulyo.webs.com/apps/blog/show/2707074-memhani-noken-as#commentshttp://sambatmulyo.webs.com/apps/blog/show/2707074-memhani-noken-as#commentshttp://sambatmulyo.webs.com/apps/profile/51814691/http://sambatmulyo.webs.com/apps/profile/51814691/http://sambatmulyo.webs.com/apps/blog/show/2707074-memhani-noken-as#commentshttp://sambatmulyo.webs.com/apps/profile/51814691/http://sambatmulyo.webs.com/apps/blog/show/2707074-memhani-noken-as
  • 7/22/2019 Memhani Noken As

    2/32

    Supaya lebih gampang kita akan berbagi contoh menghitung durasi noken as Yamaha Vega r

    Intake membuka 27 derajat sebelum TMA, menutup 53 derajat setelah TMB

    Exhaust membuka 55 sebelum TMB, menutup 29 derajat setelah TMA

    Mari kita hitung durasi, LC, LSA

    durasi In = 27 + 180 + 53 = 260 derajat

    durasi Ex = 55 + 180 + 29 = 264 derajat

    Lobe center In = 260 / 227 = 103 derajat

    Lobe center Ex = 264 / 229 = 103 derajat

    LSA = 103 derajat

    Dari LSA kalianakan tahu karakter sebuah camshaft, dari posisi LC kalian akan bisamenentukan

    maximum lift apakah sudah tepat atau tidak, dari durasikalian akan tahu pada RPM berapa dia

    akan bekerja baik.

    salam gas polll!!!

    Korek Harian 4-Tak Bukan Korek Balap 4-Tak!

    Posted bysambatmulyoon January 27, 2010 at 1:07 PM

    comments (1)

    Populasi bebek 4-nada kian bengkak. Yang nyemplak tidak mulu ibu-ibu ke pasar, nona-nona kesekolah dan bapak-om ke kantor. Atau ojeker yang maunya irit. Tapi, bebek ini jadi kebanggananak muda. Lebih ekstrem lagi, anak muda aliran olip alias ogah disalip.

    Kalanganpenyuka 4-tak ini, tentu belajar dari balapan. Entah itu MotoGP ataupasar senggol.Oooo... nyatanya 4-tak juga bisa kencang, ya. Berartibisa kena sentuhan kohar alias korek harian.

    http://sambatmulyo.webs.com/apps/blog/show/2698312-korek-harian-4-tak-bukan-korek-balap-4-tak-http://sambatmulyo.webs.com/apps/blog/show/2698312-korek-harian-4-tak-bukan-korek-balap-4-tak-http://sambatmulyo.webs.com/apps/profile/51814691/http://sambatmulyo.webs.com/apps/profile/51814691/http://sambatmulyo.webs.com/apps/profile/51814691/http://sambatmulyo.webs.com/apps/blog/show/2698312-korek-harian-4-tak-bukan-korek-balap-4-tak-#commentshttp://sambatmulyo.webs.com/apps/blog/show/2698312-korek-harian-4-tak-bukan-korek-balap-4-tak-#commentshttp://sambatmulyo.webs.com/apps/profile/51814691/http://sambatmulyo.webs.com/apps/profile/51814691/http://sambatmulyo.webs.com/apps/blog/show/2698312-korek-harian-4-tak-bukan-korek-balap-4-tak-#commentshttp://sambatmulyo.webs.com/apps/profile/51814691/http://sambatmulyo.webs.com/apps/blog/show/2698312-korek-harian-4-tak-bukan-korek-balap-4-tak-
  • 7/22/2019 Memhani Noken As

    3/32

    Iya, motor yang disuntik kemampuannya dari kondisi standar pabrik. Di zaman 2-tak, disebut

    korek jalanan.

    Nah, era 4-tak sebut saja si kohartadi. Korek harian sama saja dengan korek jalanan. Intinya,lebih enakdari standar pabrik, papar Zainudin mesra dipanggil bang Zai yangdulunya tukang

    korek jalanan 2-tak. Sekarang doski fokus korek harian 4-tak, tentu ikut berlaga di pasar senggol.

    Aroma kohar wajib dibatasi. Otak-atik komponen mesin ditujukan sebagaikendaraan penunjang

    rutinitas. Fungsi, ketahanan, serta kenyamanantetap kental pada kohar. Lebih enak sekitar 20

    persen tenaganya daripabrik, jelas Andika Bintang Budaya alias Gandhoz, mekanik yang

    jugainstruktur HMTC.

    So,bisa dipahami kan? Kohar bukan korekan balap. Ini pada 4-tak saat ini.Dulu, era 90-an, korek

    harian di 2-tak identik dengan balapan benaran2-tak. Terutama kelas standar pemula 110 cc 2-tak. Di kelas ini,dilarang mengganti komponen dengan kompetisi. Murni bawaan pabrik

    yangdikorek di sana-sini.

    Sementara,balap 4-tak di pemula dan senior, motornya setara. Yang membedakankategoripembalapnya. Makanya, Spek 4-tak untuk balap tak bisamentah-mentah diterapkan di korek

    harian, jelas tambah Gandhoz.

    Kohar telah lama dikenal. Ya, sejak motor dijual. Biasa, itu hobiotak-atik menjalar ke jalanan.

    Dulu, lebih akrab disebut korek jalanan.Apalagi saat kebut-kebutan di jalan ramai. Korek

    jalanan banyakdilakukan bengkel umum. Tapi masih murni akal-akalan mekanik, kataChairul

    alias Bang Yun, mekanik Yuns Motor di Joglo, Jakarta Barat.

    Perkembanganteknologi, kohar tidak sekadar mengandalkan mekanik. Onderdilpendukungnya,marak diperjualbelikan. Contoh, ratusan jenis knalpotracing, onderdil mesin, pengapian, bahkanperanti ciet. Kohar pun dapat angin. Bagi oknum anak muda, eh, malah berlanjut ke bali. Yang

    ini mah keliru.

  • 7/22/2019 Memhani Noken As

    4/32

    Makanya,sesuai definisinya, kohar harus tetap mengandung tiga hal. Yaitu,fungsi, kenyamanan

    dan keamanan. Tetap punya perlengkapan lalulintas,rem pakem, dan layak bagi umum.

    Kan korek harian tidak mengubah fungsi utama. Dia tetap sebagai kendaran sehari-harimengantar sampeyan sampaitujuan. Berarti, setingan tidak terlalu boros dan tahan alias

    tidakrentan jebol. Makin ekstrem ubahan, kian rawan daya tahannya.Memaksakan kemampuan

    motor jelas punya risiko. Kecuali sekalian ikutbalap, wanti Bang Zai lagi.

    Unsurkeamanan, ubahan korek harian musti mengikutkan standar. Misal, ubahanpada ban dan

    sistem pengereman bisa mendukung kecepatan akibat dikorek.Ini wajib, termasuk untuk 4-tak,

    tambah BangYun

    Patokan kompresi korek harian alias kohar 4-tak, sudah pasti enggak bisa jor-joran. Alasan

    paling mendasar, soal bahan bakar yang digunakan. Motor kohar nggak mungkin pakai bensol.Kalau nggak Premium, ya Pertamax. Oktan nggak terlalu tinggi. Kompresi tinggi dampaknya

    detonasi dan nggelitik, jelas Ibnu Sambodo, begawan korek 4-tak Manual Tech.

    Pakdhe, panggilan akrab Ibnu Sambodo, kasih ancer-ancer.Patokan kompresi jangan lebih dari11 : 1. Pangkasan total maksimalkira-kira 1 mm saja, tambah mekanik Suzuki Hendriansyah

    Pennzoil itu.

    Cara pangkas bisa berbagai macam. Bisa pangkas blok antara 0,3 sampai0,5 mm. Demikian

    juga kepala silinder. Jangan lebih dari itu, tambahAndika Bintang Budaya alias Gandhoz

    pengajar di sekolah mekanik HMTC.

    Atau, bisa saja dengan mengurangi tebal paking blok dan head. Misal dari 0,6 mm diganti 0,3

    mm. Lumayan bisa mendekin 0,3 mm. Baru kekurangannya ditambah lewat pangkasan.

    Kalaupun mau pangkas, mending pilih salah satu saja. Mau blok atau kepala silinder. Jadi kalaumau distandarinlagi, tidak perlu ganti dua-duanya. Kan, yang satu bagian masihorisinal. Kalau

    blok yang dipangkas, cukup ganjal blok bawah dengan paking aluminium. Bisa standar lagi,

    kata Pakdhe kasih tips. Bener juga, tuh.

  • 7/22/2019 Memhani Noken As

    5/32

    Mengikuti ubahan itu, piston juga wajib kena pangkas. Agar posisinya sesuai perubahan blokdan head-nya.Kan bentuk dan panjang ruang bakar sudah berubah. Kalau nggak diubah,piston

    akan nongol. Makanya, harus disesuaikan juga bentuknya, tambahPakdhe

    Korek harian (kohar), sah-sah saja korek kem. Bisa dipangkas atau diganti dengan kem modif.

    Tapi tentu tidak ekstrem seperti halnya di balap. Kohar perludipikirkan ketahanan untuk harian.

    Lagian, komponen pendukung lainmasih standar, jelas Darojat, mekanik Jogja yang kini tanganiSuzukiIstana Asevedo Racing, Purwokerto, Jawa Tengah.

    Olah kem, langkah pertama tentukan dulu tinggi angkatan klep (lift). Tak perlu tinggi-tinggi.

    Makin tinggi lift, per-klep makin tertekan. Dipake harian riskan boros per-klep, tambah laki-laki hitam manis ini.

    Untuk patokan, Darojat kasih rumus. Tinggi lift cukup 30% x diameter payung klep in. Misal

    untuk Shogun 110, lift maksimal 30% x 25 mm = 7,5 mm.

    Cara pangkasnya, setengah badan kem, yaitu pada bagian yang bawah atau yang gemuk, dikikis

    rata seluruh bagian (gbr. 1).Misal 0,8 mm, maka pangkasan harus rata seluruhnya. Awas,jangansekali-kali ubah bagian pucuk kepalanya. Karena akan mengubah lube center (lb),ingatnya.

    Lho, apa itu lube center (LB)? Coba dibuka di situs Accelerated Motion Performance Product.Definisi LC adalah derajat dari titik mati atas menuju puncak bumbungan kem.

    Lanjut ke pangkasan cari lift. Darojat kasih ilustrasi pangkas 0,8 mm pada kem Shogun 110.Hasilnya, lift jadi 6,6 mm. Tinggal hitung persamannya kalau mau pangkas lebih, jelasmekanik berambut kriting ini.

    Lanjutke durasi yang tidak butuh terlalu lama. Itu justru tidak efisien.Lagi-lagi, faktornya karenakomponen lain tidak banyak berubah. Cukup300 derajat, asumsi Darojat.

  • 7/22/2019 Memhani Noken As

    6/32

    Untuk nentuin bukaan klep in, pakai rumus patokan durasi dibagi 2 dikurangi lube center (LC).Misal Yamaha Vega dengan LC = 102, ingin dicari dengan bukaan 300derajat. Maka bukaan

    klep masuk adalah (300/2)-102 = 48 derajat sebelumTMA (Titik Mati Atas). Klep masuk

    menutup dicari dengan rumusdurasi-180-bukaan in, atau 300-180-48. Ketemu angka 72 derajatsetelah TMB (Titik Mati Bawah).

    Untukklep buang, tinggal dibalik. Buka 72 derajat sebelum TMB dan menutup 48setelah TMA.Cara pangkasnya, kikis pinggang bagian atas ke arah kepalakem (gbr. 2). Cukup disesuaikan.

    Dipangkas sedikit bertahap,lalu di cek sampai ketemu durasi yang diinginkan, paparnya. Tapi

    harustahu dulu posisi top atau TMA di kem.

    Ingat,pangkasan juga harus rata dan sesuai profil kem. Kalau enggak sesuaidampak akan terasa.Pembakaran tidak sempurna. Mesin enggak njerit. Kerak juga banyak di ruang bakar, ingatnya.

    Kemudian, untuk deteksi fungsi per klep, bisa dilakukan dengan menggerakan gigi sentrik (gbr.3). Rasakan saat diputer. Kalau dirasa ada hambatan, berarti per enggak main. Perlu diganti.

    Paham?

    dipaparkan olah kem pakai itung-itungan rumus.Nah, kali ini cara super praktis yang jauh lebihsimpel. Bisa dimulaidengan langsung memangkas kem secara rata guna mengubah tinggi

    angkatanklep (lift).

    Soal cara dan hal yang perlu diperhatikan dalam pangkas kem, bisa disimak di edisi lalu.

    Bedanya, karena cara ini tidak perlu itung-itungan,pangkasnya sedikit demi sedikit dulu dan

    harus rata benar. Bisa mulaidari 0,3 mm, lalu cek dulu, jelas Adriansyah, mekanik Suzuki

    PertaminaEnduro 4T AHRS.

    Cara ngeceknya,bisa amati dari perubahan posisi buka dan tutup klep yang dirasakandari gigi

    sproket keteng. Pasti titik buka dan tutup klep jadi berubahmaju mendekati garis TMA (TitikMati Atas), jelas mekanik yang bukabengkel di Jl. Ahmad Yani, Jakarta Timur ini.

  • 7/22/2019 Memhani Noken As

    7/32

    Bentar-bentar. Tau enggak gimana posisi buka dan tutup klep dilihat dari gigi sproket kem atau

    biasa disebut gigi sentris. Begini, puter gigi sentris searah jarum. Sampai terasa glek kayak

    berhenti, itu artinya posisi buka. Bisa dilihat juga pada posisi rocker-arm yang terlihat menekan.

    Diterusin lagi muter, nanti akan terasa glek lagi. Itu artinya klep nutup. Bisa dilihat posisi rocker-

    arm narik balik alias mulai bebas.

    Menurut Adri, panggilan akrab Adriansyah. Kalau posisi buka jadi maju 2 mata dan yang nutup

    maju antara 1 sampai 1,5 mata, ke arah garis TMA, berarti pangkasan bisa dirasa cukup (gbr. 1).

    Kalaudicek masih kurang, bisa pangkas lagi. Biasanya sih, pangkasan antara0,3 mm sampai 0,5

    mm, tambah pria yang Februari lalu baru melepas masalajangnya.

    Kenapa gitu? Kalau nambahnya lebih dari 2 mata, takutnya lift terlalu tinggi. Buat harian tak

    perlu, wanti mekanik yang sakses lambungkan Firman Farera dari tim Suzuki-Lindung Jaya,Medan.

    Alasan kenapa harus ada selisihminimal 0,5 sampai 1 mata antara klep buka dan tutupnya,

    karena kalauberada pada angka yang sama, klep nutup terlalu cepat. Makanya minimal selisih0,5 sampai 1 mata, jelasnya.

    Soal olahan gigi sentris, Adri juga punya cara simpel lain untuk kohar. Tanpa pangkas kem,cukup ubah lubang baut gigi sentris, ujarnya.

    Caranya begini. Lubang baut dikikir kira-kira 0,3 mm-0,5 mm. Lubang satu ke arah bawah,satunya lagi ke arah atas (gbr. 2). Posisi geseran juga antara 2 mata saat klep buka dan 1,5mata

    saat klep nutup, analisa Adri lagi.

    Ubahan itu akan jitu dongkrak putaran bawah. Tenaga atas tetap. Beda dengan ubahan lift kem

    yang bikin tenaga atas ikut bagus. Tapi untuk harian, cukup, kata alumnus Institut Sains danTeknologi Nasional (ISTN).

  • 7/22/2019 Memhani Noken As

    8/32

    Tapi, kalau mau cara ini, enggak bisa dipaduin dengan ubahan kem. Malah enggak pas, karena

    perubahan memang enggak sesuai. Salah satu aja. Terapin yang paling gampang buat korek

    harian, tutup Adri

    Praktek pangkas kem, tidak semudah itungan teorinya. Salah sedikit aja, pangkasan akan gagal.

    Dampaknya, kem tidak bisa dimanfaatkan lagi. Sayang, kan?

    Adabeberapa hal yang perlu diperhatikan, sebelum melakukan pangkasan.Paling utama,

    psikologis mekanik dalam kondisi bagus. Karena butuhketelitian, konsentrasi tinggi dan

    ketenangan, jelas Andika BintangBudaya, alias Gandhoz, instruktur teknik Hartomo

    Mechanical TrainingCenter (HMTC), Jakarta.

    Jangan lupa mengetahui diameter lingkar kem bawah, yang akan dipangkas.Itu bekal untuk

    melihat apakah pangkasan sudah sama antara sisi kanandan kiri. Kan tinggal diukur dari titiktengah. Kalau panjang sebelah,berarti nggak sama, tambah Adriansyah, mekanik Suzuki

    Pertamina Enduro 4T AHRS (SPEA).

    Gandhozsarankan mulailah gerinda dari titik buka menuju titik tutup yang sudahditentukan. Soalmenentukan titik buka dan tutup sudah dijelaskan diedisi sebelumnya.

    Jelas cara gerinda juga nggak bolehsembarang. Harus konstan dan bolak-balik. Pegang bagianujung kem pakaidua tangan dan jangan sampai goyang. Sabar, sedikit-demi sedikit.Jangan

    langsung dalam. Kalau memakai gerinda biasa, tekanan tanganharus konstan dan tidak boleh

    berubah. Biar ketebalannya juga sama,ingat Gandhoz lagi.

    Makanyadisarankan untuk memakai alat khusus yang sudah ada pegangannya.Sehingga tidak

    hanya mengandalkan perasaan tangan mekanik. Kalau alatkhusus lebih gampang, tambahGandhoz.

    Soal alat khusus, salah satu contohnya punya Adriansyah. Itu sudah ditulis Em-Plus di edisi 321

    halaman 8 (gbr. 1). Alat itu memudahkan, apalagi buat pemula. Karena, tidak perlu repot

    pegangkem secara stabil pake tangan.

  • 7/22/2019 Memhani Noken As

    9/32

    Kalaumanfaatkan gerinda tangan biasa, Edi Babahe Wijaya, mekanik YamahaTop 1 YonkJaya, Bandung, punya teknik mudah. Menurut wong Solo itu, sebelumnya dibawa dulu ke tukang

    bubut. Minta pangkasin bagian samping kanan-kiri dari lingkaran bawah kem (gbr. 2).Cukup

    0,5 mm. Nggak usah terlalu banyak. Sebagai pegangan. Bubutanbentuk disesuaikan denganlingkaran bawah kem, kata Babahe.

    Barudilanjut pangkasan gerinda sendiri. Bubutan di sisi kanan dan kiri jadiacuan. Bagian pantatbawah, tinggal dipapas dengan ketebalan yangdisamakan. Agar profil kem nggak berubah, jelas

    Babahe sambil pegang perut.

    Agaraman, enaknya gerinda ada dua macam. Satunya dilapisi ampelas agakkasar. Sementarasatunya dilapisi ampelas kain yang halus untuk finishing. Biar lebih bagus, batu gerinda digantialuminium. Akan lebih halus dan rata permukaanya. Baru di sisi yang buat gerinda ditempelin

    amplas halus, tambah Babahe yang punya tugas nyeting motor Florianus Roy.

    Selesai kupas kem, materi Kohar alias korek harian lanjut ke yang lain. Kali ini menyoal lubangtransfer dan buang di kepala silinder. Sebab kalau modif balap biasanya lubang porting digedein.

    Tujuannya agar aliran gas bakar makin lancar.

    Nah, untuk Kohar tak perlu seperti itu. Nggak sampaibikin lubang tambah gede. Cukup

    diampelas sampai bagian yang tadinyamirip kulit jeruk jadi halus, jelas Chairul Anwar,

    mekanik Yuns Motordi Jl. Raya Joglo, No. 31, Srengseng, Jakarta Barat.

    Caranya sederhana dan bisa dilakukan manual. Sediakan ampelas dualembar. Satu ukuran 220

    (agak kasar), satu lagi ukuran 400 ( halus).

    Mulai dengan gesek secara merata di seluruh permukaan dari lubang transfer dan buangmenggunakan ampelas kasar (gbr. 1).Penggunaan ampelas kasar cukup sampai kulit jeruk hilang.

    Dilanjutdengan amplas halus untuk meratakan. Lakukan, sampai permukaan yangdiampelas

  • 7/22/2019 Memhani Noken As

    10/32

    benar-benar rata dan rapi. Kalau diraba akan terasa licin.Terasa beda dengan sebelum diampelas

    (gbr. 2).

    Kelar pengampelasan, head bolehlangsung dicuci menggunakan bensin. Tujuannya, mengusirsemua bekasampelasan. Soalnya kalau tersisa bahaya. Bisa masuk ke mesin, ingatChairul

    Anwar, yang sering kawal langsung anak buah turun di gelaranroad race Kejurda DKI.

    Buat yakinin kotoran lari semua, bisa gunakan bantuan angin kompresor. Lakukan sampai

    kering dan bersih. Baru dipasang kembali, tutup mekanik yang akrab dipanggil Bang Yun ini.

    Meski bisa pertahankan karbu standar bawaan pabrik, kohar alias korek harian 4-tak tetap perluubah setingan. Kompresi sudah naik dan kem dikorek, karbusebagai pemasok gas bakar harus

    disesuaikan, jelas Teng Suang Hak,mekanik Ahak Motor, yang mangkal di Jl. Kapuk Raya, No.

    55D, JakartaUtara.

    Pria akrab dipanggil Ahak itu, ajukan tips simpel nyeting main-jet dan pilot-jet. Tidak pake

    patokan.Soalnya karakter masing-masing kohar beda. Kuncinya, rasakan sajadampak di mesin,

    kata Ahak yang sibuk garap motor balap pesanan saatditemui Em-Plus di bengkelnya.

    Lakukan penyetelan gas dan angin secara maksimal. Jika teriakan mesin pada setelan gas

    tertinggi kurang njerit, berarti main-jet memang kurang. Coba naikan 5 angka dulu, kata lelakiberambut cepak ini.

    Setelah itu, coba tarik gas. Jika pada gas tinggi tampak kayak ada kosong, alias ada jeda padapasokan bensin. Itu main-jet masih kurang. Bisa naikan satu step lagi, atau jadi 7 atau 7,5

    angka. Biasanya, untuk kohar kenaikan itu sudah cukup tinggi, ingatnya.

    Sebaliknya, jika saat digas malah terasa mbrebet di putaran atas. Itu artinya, kenaikan main-jet

    yang dilakukan terlalu besar dan harus diturunin. Selain mbrebet, setelan main kegedean jugaberdampak bensin boros. Bensin terbuang dan nggak terbakar maksimal. Bisa dilihat di busi.

    Kalau cepat sekali hitam, berarti setelan kegedean pas, ujar Ahak lagi.

  • 7/22/2019 Memhani Noken As

    11/32

    Sementara untuk setelan pilot-jet,gejalanya juga dideteksi dengan beberapa hal. Gejala pertama,jikamotor susah hidup setelah dilakukan korekan. Atau setelah hidup, tapipada putaranbawah

    tampak seperti ada kosongnya. Kayak bensin enggakjalan. Itu artinya pilot-jet perlu dinaikan,

    katanya.

    Cara menaikan juga bertahap. Sama kayak kenaikan main-jet, coba dinaikan 5 angka dulu,

    tambah mekanik yang sukses bikin Kanzen melejit di pentas pasar senggol Jakarta.

    Ahak kasih ancer-ancer, kebiasan yang dilakukannya, setelan pilot-jet maupun mainjet untuk

    kohar, pas pada penambahan antara 5 sampai 7,5 angka. Tentu saja,tergantung karakter korekan

    dan jenis karburator. Tapi daripengalaman, setingan pilot dan main-jet koharenggak pernahsampai 10. Jenis karburator apapun, deh, tutup Ahak.

    Setelah nyeting pilot dan main-jet wajib diikuti ubah posisi pelampung. Cara ini ditempuh guna

    menghindari kelebihan bensin atau mblebek. Untuk itu pempung karbu harus ditinggikan,anjur Adriansyah, mekanik Suzuki Pertamina Enduro 4-T AHRS (SPEA), Jakarta.

    Caranya,penekan jarum pada pelampung diturunkan. Posisi pelampung jadi lebihtinggi.Sehingga, lebih cepat menekan jarum pelampung agar cepatmenutup aliran bensin. Volumebensin di mangkuk berkurang. Istilahnya ditekorin, tambah Adri, panggilan akrab Adriansyah.

    Ada beberapa cara untuk mengubah. Soalnya, karbu standar bawaan motor 4-tak sekarang iniada dua macam. Pertama, karburator yang penekan jarumnya terbuat dari plastik (gbr. 1). Seperti

    pada Honda Supra, Grand, Karisma. Juga Kawasaki Kaze.

    Ada dua teknik yang lazim digunakan. Diganjal potongan ampelas atau pelat seng. Bisa bekassoft drink, jelas lulusan Institut Sains dan Teknologi Nasional (ISTN) Jakarta ini.

    Tinggal dipotong mengikuti bagian bawah dari penekan jarum. Lalu selipin (gbr. 2). Asalpenempatannya pas dan nggak longgar, dijamin bakal lepas.

  • 7/22/2019 Memhani Noken As

    12/32

    Cara kedua, penekan plastik itu dipanasin pakai api. Setelah agak lunak, baru ditekan sesuaikeinginan. Cuma cara ini riskan. Kalau panasinnya terlalu over, bisa meleleh. Malah rusak dan

    nggak bisa dipake lagi, tambah Chairul Anwar, mekanik Yuns Motor, Jl. Raya Joglo, No. 31,

    Srengseng, Jakarta Barat.

    Jenis karbu kedua adalah yang penekan jarum dari pelat (gbr. 3).Biasanya di motor 4-tak punya

    produk Suzuki atau Yamaha. Caranya lebihmudah. Tinggal ubah saja. Ditekuk sesuaikeinginan, papar Agus Unyil,mekanik Sotokaw Racing, Rempoa, Jakarta Selatan.

    Soalbesarnya ubahan, Adri kembali mengingatkan jangan lebih dari 0,5 mm.Terlalu besar

    bensin akan tekor. Putaran atasnya akan mbrebet karena kehabisan pasokan di mangkuk, cocorAdri.

    Exhaust atau lubang buang, juga punya peran penting dalam setingan motor korek harian alias

    Kohar.Artinya, pemilihan knalpot musti seirama karakter mesin. Tentu adapatokannya. Dilihat

    dari angka durasi buang pada kem, serta tinggi rpmatau torsi maksimum yang dicapai, jelasGalan Ridwan, teknisi mesinyang gape urusan knalpot.

    Lebih jelas, bisa lirik lagi Em-Plus edisi 267/V halaman 16. Di situ semua jelas dipaparkan,lengkap berikut tabelnya.

    Nah, mengacu dari rumus itu, Galan bikin kira-kira untuk korekanharian, yang ubahannya kem-nya tidak terlalu ekstrem. Saya kira,panjang header knalpot ideal berkisar antara 58-64 cm.

    Itukalau lihat kira-kira bukaan klep buang sebelum TMB (Titik Mati Bawah)antara 65 sampai 70

    derajat, jelasnya.

    Ingat! Yang disebut panjang header knalpot. Itu adalah antara ujung yang dihubungkan kelubang exhaust sampai ke batas sebelum diameter membesar atau bufle (gbr. 1).

  • 7/22/2019 Memhani Noken As

    13/32

    Hal lain yang perlu diperhatikan dalam memilih knalpot, adalah soal diameter lubang knalpot

    (gbr. 2). Galan kasih ancer-ancer gampang soal itu. Cari aman, samakan dengan diamater klep

    buang, jelasnya singkat.

    Kalaupun ada toleransi, maka tidak boleh lebih dari 10 persen lebihkecil dari angka itu.

    Semakin kecil, tenaga atas makin pendek, paparmekanik yang tinggal di Jl. Haur Mekar, No.

    30, Bandung, Jawa Baratini.

    Satuhal lagi, lihat juga soal lekukannya. Yang utama, jangan sampai lekukanmengubah diamater.

    Misal bikin gepeng pipa. Itu jelas mengganggu.Makanya, cari lekukan yang bagus, ingat Galan

    lagi.

    Nah, udah bisa milih knalpot ideal buat Kohar, kan?

    Selain ukuran panjang headerdan diameter leher, bentuk silincer dan perut knalpot jugaunsurpenting. Pertama diperhatikan soal lubang buang yang ada di bagianbelakang. (gbr. 1).

    Semakin besar aliran makin tak terhambat. Dampaknya tenaga bawah bagus, torsi nggak

    ilang.Sebaliknya, lubang kecil akan berdampak pada putaran atas yang lebihbagus, jelas GalanRidwan, mantan teknisi Suzuki AHRS, yang terkenalpiawai seting knalpot.

    Dari asumsi itu, bisa ditarik kesimpulan. Biar atas-bawah power gede,perlu pilih lubang yang

    ideal. Galan punya rumusan yang gampang bangetditerap buat lelaku kohar. Lubang knalpotcari saja yang besarnya antara 1,5 sampai 2 x diameter header knalpot (knalpot bagian depan-

    red), jelas pria yang kini sibuk ngurus tim gokart Deka, Jakarta.

    Pilihan bisa bentuk knalpot apa saja. Entah itu free flow biasa, ataupun yang berbentukmegaphone.

  • 7/22/2019 Memhani Noken As

    14/32

    Kemudian, soal diameter lubang pada selongsong dalam silincer.(gbr. 2).Meski tidak terlalu

    besar, tapi dampaknya tetap ada. Karena punyapengaruh juga saat terjadi tendangan balik,papar

    orang Bandung ini.

    Galan sarankan pilihan pas yang kira-kira setiap lubangnya berdiameter 1,5 mm sampai 3 mm.

    Sedang mengenai glaswool,Galan menilai dampak terbesar adalah pada peredaman suara.

    Semakinbanyak, suara akan makin teredam. Tapi terlalu banyak juga akanberpengaruh padapower. Karena hambatan jadi ikut besar.

    Selanjutnya soal panjang silincer (gbr. 3). Menurut Galan lagi, hal ini tidaklah berdampak besar.

    Pernah didyno,dengan perbedaan 5 mm. Yang lebih panjang memang tenaga bawahsedikitberkurang. Tapi prosentasenya kecil sekali, kata warga Jl. Haur Mekar,No. 30, Bandung.

    Artinya,kalau ingin putaran bawahnya galak, memang cari yang tidak terlalupanjang, atausebaliknya. Nah, kalau ingin dapat dua-duanya, cari yangsedang-sedang saja

    Finalgir atau pasangan sproket gir rantai, jadi kunci akhir transfer tenagamesin ke roda.

    Makanya, penting diperhatikan dalam setingan korekharian alias kohar. Kalau akselerasikencang, perbandingan gir dientengin.Sebaliknya, kalau mau top-speed tinggi, gir dibikin lebihberat, jelasWawan Kurniawan, mekanik Ngayun Speed, Jl. Arteri Kelapa Dua, No. 168,Jakarta

    Barat.

    Sebelumnya, perlu tau dulu dong apa itu gir berat dan gir ringan. Gir berat pasangan

    sproketdepan belakang, yang perbandingan lebih kecil. Semakin kecilperbandingan, semakin

    berat perbandingannya. Kalau gir ringan,sebaliknya. Semakin besar berbandingannya, semakin

    ringan. Paham, kan?Caranya jumlah mata gir belakang dibagi depan.

    Nah,untuk kohar, ubahan tidak terlalu mencolok. Paling hanya penambahanatau pengurangan

    mata gigi satu atau dua mata dari standar. Baik depanatau belakang. Itu sudah cukup, jelasDarojat, mekanik Suzuki PE 4-TAsevedo, Purwokerto.

  • 7/22/2019 Memhani Noken As

    15/32

    Kalau ingin mencari setingan enteng, lebih mudah mengurangi jumlah mata gir bagian depan

    (gbr. 1). Dampak pengurangannya, jauh lebih besar dibanding harus nambah jumlah mata gir

    belakang (gbr. 2), jelas Chairul Anwar, mekanik Yuns Motor, Jl. Raya Joglo, No. 31,Srengseng, Jakarta Barat.

    Logikanya begini. Misal standarnya 15/40 berarti perbandingannya 2,66. Mau

    dientengin,perbandingannya harus lebih tinggi. Kalau nambah satu mata girbelakang,perbandingan jadi 15/41 = 2,73. Coba kalau yang dikurangidepannya jadi 13/40. Hasilnya jadi

    3,07. Lebih besar, kan?

    Soalgir pengganti, itu tidak sulit. Beberapa merek motor bisa menggunakangir punya varian lain.Hanya Honda Karisma dan Kirana yang agak susah.Paling bisa pakai punya GL-100 lama.

    Kalau Supra sih nggak masalah. Bisa ganti punya Grand, jelas Wawan.

    Motorkeluaran Suzuki lebih mudah. Hampir semua bisa tukar pakai. Misal,Shogun pakai gir

    Smash, dan jenis motor lainnya. Demikian pula Yamaha.Jupiter-Z bisa ganti punya Vega, RX-

    King dan lainnya. Sama halnyadengan Kawasaki. Paling hanya Ninja yang enggak bisa dipasangdi varianbebek.

    Bahkan, Kawasaki juga bisa pake punya Suzuki. Hanya beda besarnya lubang. Kalau mau pakemusti dikasih bosing, Tambah Chairul.

    Bahan Bakar Vs Kompresi II

    Posted bysambatmulyoon January 27, 2010 at 12:59 PM

    comments (0)

    http://sambatmulyo.webs.com/apps/blog/show/2698224-bahan-bakar-vs-kompresi-ii-http://sambatmulyo.webs.com/apps/profile/51814691/http://sambatmulyo.webs.com/apps/profile/51814691/http://sambatmulyo.webs.com/apps/profile/51814691/http://sambatmulyo.webs.com/apps/blog/show/2698224-bahan-bakar-vs-kompresi-ii-#commentshttp://sambatmulyo.webs.com/apps/blog/show/2698224-bahan-bakar-vs-kompresi-ii-#commentshttp://sambatmulyo.webs.com/apps/profile/51814691/http://sambatmulyo.webs.com/apps/profile/51814691/http://sambatmulyo.webs.com/apps/blog/show/2698224-bahan-bakar-vs-kompresi-ii-#commentshttp://sambatmulyo.webs.com/apps/profile/51814691/http://sambatmulyo.webs.com/apps/blog/show/2698224-bahan-bakar-vs-kompresi-ii-
  • 7/22/2019 Memhani Noken As

    16/32

    Ehmm.. kembali lagi ke soal bahan bakar. Kini giliran Iso oktana. Iso,sebagai indikasi ada

    rangkaian rantai karbon rangkap atau berbentukcincin. Rangkaian ini lebih kuat dibanding model

    rantai lurus. Sehinggauntuk memutuskannya perlu energi lebih besar.

    Makanya, IsoOktana dianggap mewakili kemampuan bahan bakar menahan kompresi lebihtinggi

    atau waktu pengapian lebih awal (advanced).

    Angka oktansendiri sebenarnya juga merupakan nilai persentase dari iso oktanan dann-heptana

    (lihat artikel sebelumnya). Jumlah persentase Iso Oktanamerupakan nilai oktan dari bahan bakar

    tersebut.

    Contoh premiumberoktan 88. Artinya 88% bagian dari premium merupakan Iso

    Oktana,sedangkan 12% lainnya adalah n-heptana. Sedangkan Pertamax dengan kadaroktan 94,

    berarti 94% adalah kadar Iso Oktana dan 6% adalah kadarn-heptana.

    Dari rumusan ini secara alami, oktan tertinggi sebuah bahan bakar bensin seharusnya hanya

    bernilai 100. Alias murni Iso Oktana.

    Bahan Bakar Vs Kompresi I

    Posted bysambatmulyoon January 27, 2010 at 12:56 PM

    comments (0)

    Tidak banyak yang menyadari bahwa bahan bakar menjadi elemen mendasarsebelum melakukanmodifikasi mesin. Entah itu untuk kebutuhan balapatau korek harian yang bertujuan untuk

    meningkatkan performa mesinstandar motor.

    http://sambatmulyo.webs.com/apps/blog/show/2698212-bahan-bakar-vs-kompresi-ihttp://sambatmulyo.webs.com/apps/blog/show/2698212-bahan-bakar-vs-kompresi-ihttp://sambatmulyo.webs.com/apps/profile/51814691/http://sambatmulyo.webs.com/apps/profile/51814691/http://sambatmulyo.webs.com/apps/profile/51814691/http://sambatmulyo.webs.com/apps/blog/show/2698212-bahan-bakar-vs-kompresi-i#commentshttp://sambatmulyo.webs.com/apps/blog/show/2698212-bahan-bakar-vs-kompresi-i#commentshttp://sambatmulyo.webs.com/apps/profile/51814691/http://sambatmulyo.webs.com/apps/profile/51814691/http://sambatmulyo.webs.com/apps/blog/show/2698212-bahan-bakar-vs-kompresi-i#commentshttp://sambatmulyo.webs.com/apps/profile/51814691/http://sambatmulyo.webs.com/apps/blog/show/2698212-bahan-bakar-vs-kompresi-i
  • 7/22/2019 Memhani Noken As

    17/32

    Pemilihan bahan bakar akan sangat menentukanperhitungan lanjutan dalam memodifikasi sebuah

    mesin motor. Bahan bakarmesin Otto yang biasa disebut juga mesin bensin merupakan

    gugusHidrokarbon yang memiliki rumus kimia CnH2n+2

    Hampirsemua orang awam tahu bahwa angka oktan dianggap sebagai nilai kualitasdari sebuah

    bahan bakar. Bahan bakar memiliki oktan lebih tinggidianggap lebih baik dibanding yang lebih

    rendah.

    Lalu apa sih yang disebut dengan angka oktan itu? Balik lagi ke bahan bakar yang dipakai oleh

    motor bensin yang merupakan gabungan dari n-heptane dan Iso Octane.

    N-Heptanekependekan dari normal heptana. Normal menunjukkan rangkaian rantaikarbon lurus,

    heptana, berarti 7. Artinya ada 7 atom karbon yangterangkai lurus. Sesuai rumusan di atas

    CnH2n+2, berarti n-heptanamemiliki rumusan molekul C7H16.

    Model rangkaian rantai karbonlurus ini mudah sekali diputuskan dengan sedikit energi dari

    luar.Makanya, molekul n-heptana tidak dianggap faktor yang diperhitungkandalam menahan

    pemutusan rantai karbon yang dilakukan oleh kompresi danpanas pembakaran.

    New Supra X 125 Series

    Posted bysambatmulyoon January 26, 2010 at 12:07 PM

    comments (0)

    Honda NEW SUPRA X 125 Series di desainuntuk memenuhi selera dan kebutuhan pemakaiyang menginginkan

    sepeda motornya tampil sporty,bermesin handal, nyaman dikendarai, canggih, dan praktis.

    Terobosan desain yang

    http://sambatmulyo.webs.com/apps/blog/show/2689048-new-supra-x-125-serieshttp://sambatmulyo.webs.com/apps/blog/show/2689048-new-supra-x-125-serieshttp://sambatmulyo.webs.com/apps/profile/51814691/http://sambatmulyo.webs.com/apps/profile/51814691/http://sambatmulyo.webs.com/apps/profile/51814691/http://sambatmulyo.webs.com/apps/blog/show/2689048-new-supra-x-125-series#commentshttp://sambatmulyo.webs.com/apps/blog/show/2689048-new-supra-x-125-series#commentshttp://sambatmulyo.webs.com/apps/profile/51814691/http://sambatmulyo.webs.com/apps/profile/51814691/http://sambatmulyo.webs.com/apps/blog/show/2689048-new-supra-x-125-series#commentshttp://sambatmulyo.webs.com/apps/profile/51814691/http://sambatmulyo.webs.com/apps/blog/show/2689048-new-supra-x-125-series
  • 7/22/2019 Memhani Noken As

    18/32

    atraktif yang menjadikan Honda NEWSUPRA X 125 Series layak dibanggakan sebagai

    kendaraan sehari-hari.

    Beberapa keunggulan NEW SUPRA X 125Series1. Tampilan Sporty tegas dan dinamis kian

    bergaya sporty modern

    dengan fitur canggih dan bodyatraktif.

    2. Mesin Canggih & Tangguh, NEWSUPRA X 125 Series sebagai pelopor teknologi mesin

    injeksi pertama diIndonesia,

    mesin 125 cc, 4 tak-nya terbuktitangguh, bandel, kencang, irit untuk pemakaian sehari-hari, serta

    ramahlingkungan

    sesuai standar emisi EURO 2.

    3. Nyaman, NEW SUPRA X 125 Seriesirancang untuk kenyamanan maksimal dalam berkendarasehari-hari, baik

    sendiri maupun berdua.

    4. Praktis, NEW SUPRA X 125 Seriesirancang agar mudah dan praktis dipakai berkendarasehari-hari.

    Stylish DesignPerpaduan antara desainsporti yang modern dengan garis body yang tegas dantajam menjadikan Honda

    Supra X 125 PGM-FI berkesan galak.Lebih menantang dan gagah tampak pada bentuk bodynyayang menyatu, kokoh,

    dan kompak. Lebih tajam, gesit danberani tampak dari garis bodynya yang berkarakter tajam.Lebih bersemangat

    terlihat dari perpaduan bentuk yangkompak dengan garis body yang tajam menghasilkan kesan

    bersemangat.

    Apakah PGM-FI ?PGM-FI adalah suatusistem yang menggunakan teknologi kontrol secara

    elektronik, yang mampu

    memasok bahan baker dan udara secaraoptimum yang dibutuhkan oleh mesin pada setiap

    kondisi.

    Keunggulan PGM-FI

    1. Lebih hemat bahan bakar

  • 7/22/2019 Memhani Noken As

    19/32

    Sistem komputerisasi yang mengaturpenggunaan bahan bakar agar lebih akurat pada kecepatan

    apapun.

    2. Tarikan mesin lebih responsif

    System ini memiliki akurasipengatuiran bahan bakar yang membuat mesin bekerja lebihmaksimal sehinggatgarika

    lebih spontan

    3. Mesin mudah dihidupkan pada kondisiapapun

    Peran sensor-sensor yang ada padaPGM-FI akan membaca kondisi suhu dan tekanan udara agar

    komputerisasi dapat

    mengatur campuran bahan bakar danudara dengan tepat supaya langsung dapat dihidupkan setiap

    saat.

    4. Mengurangi emisi gas buang

    Emisi gas buang berkurang akibat daripengaturan pencampuran bahan bakar dan udara yang

    tepat pada setiap putaran

    mesin dan beban kendaraan oleh sistemPGM-FI.

    5. Memudahkan perawatan berkala

    Teknologi Fuel Injection menyederhanakan system pemasokanbahan bakar sehingga lebih tahanlama.

    Tune Up 4tak

    Posted bysambatmulyoon January 25, 2010 at 12:04 PM

    comments (2)

    Untuk meningkatkan daya atau power mesin motorstandart yang biasa disebut tune up,

    http://sambatmulyo.webs.com/apps/blog/show/2679910-tune-up-4takhttp://sambatmulyo.webs.com/apps/blog/show/2679910-tune-up-4takhttp://sambatmulyo.webs.com/apps/profile/51814691/http://sambatmulyo.webs.com/apps/profile/51814691/http://sambatmulyo.webs.com/apps/profile/51814691/http://sambatmulyo.webs.com/apps/blog/show/2679910-tune-up-4tak#commentshttp://sambatmulyo.webs.com/apps/blog/show/2679910-tune-up-4tak#commentshttp://sambatmulyo.webs.com/apps/profile/51814691/http://sambatmulyo.webs.com/apps/profile/51814691/http://sambatmulyo.webs.com/apps/blog/show/2679910-tune-up-4tak#commentshttp://sambatmulyo.webs.com/apps/profile/51814691/http://sambatmulyo.webs.com/apps/blog/show/2679910-tune-up-4tak
  • 7/22/2019 Memhani Noken As

    20/32

    perlu diusahakan perubahan-perubahan pada beberapahal :

    1. Meningkatkan / menaikkan perbandingan kompresi.

    2. Memperbaiki porting IN maupun EX supaya pemasukanbahan bakar menjadi

    lancar dan baik.

    3. Merubah durasi, Lift noken as.

    4. Mengubah pengapian (apabila dalam perlombaandiperbolehkan).

    5. Mengubah rasio dengan Close Rasio.

    6. Setting karburator.

    KOMPRESI

    Meningkatkan perbandingan kompresi (Compretion Ratio= CR) adalah cara awal yang

    ditempuh oleh para mekanik untuk meningkatkan powermesin. Namun demikian untuk

    meningkatkan perbandingan kompresi perlu diperhatikanbeberapa faktor, antara lain :

    1. Bahan bakar yang digunakan.

    2. Kwalitas piston yang digunakan.

    CARA MENAIKKAN KOMPRESI :

    1. Mengganti piston dengan model racing.

    2. Mendekatkan deck clearance.

    3. Membubut Head.

    4. Mengelas Head.

    5. Membubut Blok dan Piston.

  • 7/22/2019 Memhani Noken As

    21/32

    CARA MENURUNKAN KOMPRESI :

    1. Merimer dome pada head.

    2. Memperdalam coakan klep pada piston.

    3. Membubut piston.

    KEUNTUNGAN MENGGUNAKAN KOMPRESITINGGI :

    1. Power mesin meningkat.

    2. Final gear menjadi berat.

    3. Power mesin terasa dari putaran bawah sampai atas.

    KERUGIAN MENGGUNAKAN KOMPRESI TINGGI:

    1. Mesin menjadi cepat panas.

    2. Engine break menjadi besar dan kasar.

    3. Apabila perhitungan kompresi tidak tepat, seringterjadi detonasi.

    Untuk mengetahui / menghitung perbandingan kompresi(CR) dari satu mesin, kita perlu

    mengetahui dulu volume silinder yang akan dikerjakan.

    CONTOH PADA MESIN JUPITER Z O/S 100

    Bore atau D : 52 mm = 5,2 Cm

    Stroke 54 mm = 5,4 Cm

    = 0,785 x 5,22 X 5,42

    = 114,62 cc

    115 cc

    CONTOH PADA JUPITER Z O/S 100

  • 7/22/2019 Memhani Noken As

    22/32

    Volume ruang bakar diukur dengan buret lewat busiadalah 14,55 c

    Jadi Volume ruang bakar 14,55 cc0,7 cc = 13,85

    ( 0,7 cc adalah Volume Ruang Busi )

    Cara menentukan berapa cc isi ruang bakar yang haruskita pakai pada perbandingan

    kompresi yang sudah kita tentukan.

    Misalnya kita menginginkan perbandingan kompresi 1 : 14berapa volume ruang

    bakarnya ?

    Berarti apabila kita menginginkan perbandingankompresi 1 : 14, isi ruang bakar harus

    8,84cc.

    PORTING

    Maksud dari mengubah porting adalah usaha untukmeningkatkan atau memperbaiki

    efisiensi volumetric dengan mengoptimalkan aliran gaske dalam ruang bakar.

    Ada 3 faktor yang menentukan besarnya tenaga padasebuah mesin :

    1. Efisiensi mesin

    yaitu seberapa dorongan pada piston yang dihasilkanoleh gaya putaran fly wheel.

    2. Efisiensi thermal (panas)

    yaitu seberapa banyak bahan bakar yang harus dibakar/dipanaskan dalam silinder untuk

    mendorong piston turun menuju TMB secara efisien.

    3. Efisiensi volumetric

    yaitu membuat saluran / ukuran yang tepat untukmemompa gas secara optimal.

    Macam Macam Bentuk Porting

    Dalam modifikasi, Head usahakan agar tidak mendapathambatan apapun, misalnya

    lubang intake dengan lubang manifold atas juga harussama dengan joint / karet manifold,

  • 7/22/2019 Memhani Noken As

    23/32

    usahakan dalam merimer supaya tidak ada ruang yangmenyudut.

    NOKEN AS

    Di antara komponen pada motor yang paling utama untukmeningkatkan kecepatan mesin

    adalah memodifikasi camshaft / cam/ noken as. Nokenas berfungsi mengatur buka / tutup

    klep yang dibutuhkan untuk mengatur bahan bakarmelewati klep in dan membuang

    melewati klep ex secara selaras.

    CARA KERJA NOKEN AS SEBAGAI BERIKUT:

    1. Apabila titik A menyentuh pelatuk, maka katupmulai terangkat dan akan terbuka

    penuh setelah mencapai puncak tonjolan ( titik B ).

    2. Setelah melewati puncak, katup akan turun kembalidan tertutup rapat setelah titik C.

    3. Dari A kemudian naik ke C dan kemudian kembali keB disebut durasi noken as.

    4. Tinggi tonjolan menentukan Lift Max.

    5. Bentuk permukaan profil tonjolan menentukanpercepatan penutupan dan

    pembukaan katup oleh bentuk permukaan profiltonjolannya.

    LIFT MAX

    Cara menentukan Lift Max pada motor balap :

    Secara teori untuk motor standart, Lift Max adalah23% dari diameter klep in. Kemudian

    untuk motor balap dengan sirkuit yang tidak begitupanjang, Lift Max sekitar 29%31%

    dari diameter klep in. Untuk balap dengan sirkuitpanjang, Lift Max dapat dibikin sampai

    dengan 35% dari diameter klep.

    Motorcycle

    Cara menghitung durasi ada beberapa cara :

  • 7/22/2019 Memhani Noken As

    24/32

    1. Durasi dihitung setelah klep mengangkat 1,27mmpada setelan klep 0 (zerro).

    2. Durasi dihitung pada saat klep mulai membuka padasetelan klep 0,10 mm.

    Untuk mempermudah pembuatan, kita akan menggunakancara yang ke dua. Sebelum

    kita ingin menentukan angka durasi, harus kitaketahui dulu berapa LC (lobe center) pada

    noken as yang akan kita modifikasi.

    Untuk mengetahui LC, kita harus memasang noken aspada mesin dan mengukur dengan

    busur derajat yang dipasang pada kruk as sebelah kiri/ magnet.

    Sebagai contoh :

    LC PADA JUPITER Z : 103

    Kita menginginkan durasi 310 derajat.

    Berapa derajat in open dan berapa derajat in close ?

    Perhitungan Untuk Mencari in close :

    310180 - 52 = 78

    BERARTI UNTUK LC 103 JIKA KITA MENGINGINKAN DURASI301 ANGKA

    DURASINYA ADALAH :

    IN OPEN 52 SEBELUM TMA

    IN CLOSE 78 SETELAH TMB

    Untuk motor balap durasi idealnya adalah 29 - 33.

    Untuk lift max motor balap durasi idealnya adalah :

    7,5 mm - 8,3 mm

    Keuntungan menggunakan lift tinggi dan durasi besar :

    Tenaga mesin menjadi sangat besar

  • 7/22/2019 Memhani Noken As

    25/32

    Mesin sangat bagus di putaran atas

    Kerugian menggunakan lift tinggi dan durasi besar :

    Pada putaran bawah kurang bagus

    Per klep menjadi tidak awet

    Klep floating / melayang apabila pir klep tidakkuat

    Coakan klep pada piston harus dalam

    CARA MENGGERINDA CAM

    Bagian Base Circle digerinda kurang lebih 18 sampaiketemu lift yang diinginkan

    Kemudian diikuti dengan menggerinda bagian ramuntuk menentukan durasi

    Menggerinda bagian flank untuk menentukan lift O/Ldan membentuk profil

    Usahakan dalam menggerinda sebuah kem dengan ratadan halus untuk menjaga

    agar rocker arm tetap awet dan mengurangi floating.

    IGNITION / PENGAPIAN

    Bagian pada mesin berfungsi untuk membakar campuranbahan bakar dan udara yang di

    kompresi oleh piston, sebelum piston mencapai TMA.

    Sumber arus listrik untuk menghasilkan loncatan apibisa berasal dari spul atau langsung

    aki.

    Sumber listrik yang dihasilkan langsung dari sepulsering disebut pengapian AC, dan

    langsung dari aki sering disebut pengapian DC.

    Pengapian AC

    Keuntungan menggunakan sistem AC :

    Sistem listrik langsung sesuai dengan putaranmesin.

    Tidak perlu menggunakan aki

  • 7/22/2019 Memhani Noken As

    26/32

    Kerugian menggunakan sistem AC :

    Putaran mesin sedikit berkurang, karena gayamagnet yang ada

    Pengapian DC

    Keuntungan menggunakan sistem DC /Total Lost :

    Tidak perlu menggunakan magnet

    Berat rotor bisa dibuat sesuai keinginan kita(bisa sangat ringan)

    Kerugian menggunakan sistem DC /Total Lost :

    Harus sering mengisi ulang (recharging) aki (accu)

    Resiko terjadi aki tekor

    Perbedaan waktu pengapian standart dan yang seringdigunakan untuk balap:

    Pengapian untuk motor standart

    Pada RPM rendah (1.0003.000 RPM) : loncatan apipada 815 sebelum

    TMA

    Pada RPM tengah tinggi (4.000 ke atas) :loncatanapi pada 2530 sebelum

    TMA

    Api busi tidak besar dibanding pengapian balap

    Pengapian untuk motor balap

    Pada RPM rendah (1.0003.000 RPM) : loncatan apipada 2030 sebelum

    TMA

    Pada RPM tengah sampai tinggi ( 4.000 ke atas) :loncatan api pada 3542

    sebelum TMA

    Api busi besar

    Macam macam jenis CDI

  • 7/22/2019 Memhani Noken As

    27/32

    1. single map

    cdi yang terdiri hanya dengan 1 map/kurve

    contoh : cdi bawaan motor, cdi brt dual band

    2. multi map

    cdi yang terdiri lebih dari 1map / kurve yang dapatkita pilih sendiri dengan beberapa

    click.

    contoh : cdi rextor adjustable, cdi brt smart click

    3. cdi programable

    cdi yang bisa diatur kurve/ grafik pengapian menurutkeinginan kita, yang disesuaikan

    dengan karakter mesin yang dibutuhkan.

    contoh : rextor programable, cdi vortec, cdi brtremmote.

    Menghitung rasio kompresi atau perbandingan kompresi 4-tak

    Posted bysambatmulyoon January 25, 2010 at 12:03 PM

    comments (1)

    Menghitung rasio kompresi atauperbandingan kompresi 4-tak

    Rumusbakunya yaitu volume silinder ditambah volume ruang bakar dan dibagi volumeruangbakar. Formulanya:

    Volume silinder + Volume ruang bakar Rasiokompresi = ---------------------------------- Volumeruang bakar

    Namun setelah bentuk kepala seher tidak ratalagi, timbul perdebatan. Isi

    http://sambatmulyo.webs.com/apps/blog/show/2679897-menghitung-rasio-kompresi-atau-perbandingan-kompresi-4-takhttp://sambatmulyo.webs.com/apps/blog/show/2679897-menghitung-rasio-kompresi-atau-perbandingan-kompresi-4-takhttp://sambatmulyo.webs.com/apps/profile/51814691/http://sambatmulyo.webs.com/apps/profile/51814691/http://sambatmulyo.webs.com/apps/profile/51814691/http://sambatmulyo.webs.com/apps/blog/show/2679897-menghitung-rasio-kompresi-atau-perbandingan-kompresi-4-tak#commentshttp://sambatmulyo.webs.com/apps/blog/show/2679897-menghitung-rasio-kompresi-atau-perbandingan-kompresi-4-tak#commentshttp://sambatmulyo.webs.com/apps/profile/51814691/http://sambatmulyo.webs.com/apps/profile/51814691/http://sambatmulyo.webs.com/apps/blog/show/2679897-menghitung-rasio-kompresi-atau-perbandingan-kompresi-4-tak#commentshttp://sambatmulyo.webs.com/apps/profile/51814691/http://sambatmulyo.webs.com/apps/blog/show/2679897-menghitung-rasio-kompresi-atau-perbandingan-kompresi-4-tak
  • 7/22/2019 Memhani Noken As

    28/32

    silinder bukan lagi volume langkah. Tapi,dikurangi jenongnya seher, jelas Tomy Huang, bos

    Bintang Racing Team (BRT)Cibinong. Alasan Tomy Huang memang perlu dihargai. Dia

    berpikir sekecil apapunseher jenong mampu mengurangi isi silinder. Jadi, dalam menghitungrasiokompresi rumusnya juga beda, jelas Tomy Huang yang aslinya penemu CDI Cibinongitu.

    Seperti pernah dicoba mengukur rasio kompresiYamaha Scorpio standar setelah pakai seherjenong. Posisi seher di TMA,menggunakan buret atau tabung ukur, kemudian dari lubang busi

    diisicairan.Didapat volume ruang bakar 21 cc. Dilanjut oleh Tomy Huang mengukur isisilinder

    setelah pakai seher jenong. Di ruang bakar masih terdapat cairan danlangsung seher diturunkanmenuju

    TMB (Titik Mati Bawah). Diisi lagi dengan cairandan masih menggunakan buret diisi hinggapenuh didapat volume total 252 cc.Makarasio kompresinya tinggal dilakukan pembagian.

    Volume total (silinder seherjenong plusruang bakar) dibagi volume ruang bakar.

    Yaitu:

    252/21 = 12 : 1. Formula Tomy Huang yaitu: Volumetotal

    Rasio kompresi= -----------------Volume ruang bakar

    Perlu diingat, formula Tomy Huang memperhitungkanjenongnya kepala seher. Dihitung sangat

    presisi. Berbeda dengan pendapat BenyDjatiutomo, mekanik Yamaha Petronas FDR Start Motor.Menurutnya rasio kompresirumusnya tetap saja meski sehernya jenong. Tidak dipengaruhi

    bentuk seher,dukung Gandhoel alias Sri Hartanto mekanik GRM Jogja.Kalau kasusnya

    sepertiScorpio standar 223 cc dengan seher jenong tadi, maka hitungan yaitu:

    Volume Scorpio standar+Volume ruang bakar Rasiokompresi=-----------------------------------------Volume ruang bakar yaitu:223+ 21 = -----------= 11,6 : 1 21

    Dari dua formula itu memang menghasilkan angkayang berbeda. Tapi, jangan dijadikan sebagai

    debat kusir siapa yang benar.Justru dijadikan patokan ketika bertanya besar rasio kompresi.

    Supaya jangansalah harus dikasih keterangan. Memperhitungkan seher jenong atau tetappakaivolume langkah saja.

    RUMUS MENGHITUNG RASIO KOMPERSI

    http://sambatmulyo.webs.com/apps/blog/show/2679823-rumus-menghitung-rasio-kompersi-http://sambatmulyo.webs.com/apps/blog/show/2679823-rumus-menghitung-rasio-kompersi-
  • 7/22/2019 Memhani Noken As

    29/32

    Posted bysambatmulyoon January 25, 2010 at 11:48 AM

    comments (1)

    RUMUSMENGHITUNG RASIO KOMPERSI

    Mungkin sebagian dari kita dah ngerti cara menghitung rasiokompresi.. Langsung saja..

    Dari rumus di wikipedia (tanpa piston volume)

    b = cylinder bore (diameter)

    s = piston stroke length

    Vc = volume of the combustion chamber (including head gasket). This is theminimum volume of

    the space into which the fuel and air is compressed, prior toignition. Because of the complexshape of this space, it usually is measureddirectly rather than calculated.

    Dengan piston Volume

    CR=(Vc+(D-PV))/Vc-PV

    CR = Compression Ratio

    Vc = volume of the combustion chamber (including head gasket).

    D = Displacement.

    PV = Piston Volume

    http://sambatmulyo.webs.com/apps/profile/51814691/http://sambatmulyo.webs.com/apps/profile/51814691/http://sambatmulyo.webs.com/apps/profile/51814691/http://sambatmulyo.webs.com/apps/blog/show/2679823-rumus-menghitung-rasio-kompersi-#commentshttp://sambatmulyo.webs.com/apps/blog/show/2679823-rumus-menghitung-rasio-kompersi-#commentshttp://sambatmulyo.webs.com/apps/profile/51814691/http://sambatmulyo.webs.com/apps/profile/51814691/http://sambatmulyo.webs.com/apps/blog/show/2679823-rumus-menghitung-rasio-kompersi-#commentshttp://sambatmulyo.webs.com/apps/profile/51814691/
  • 7/22/2019 Memhani Noken As

    30/32

    Kenapa ada piston Volume? Karena jika aplikasi Flat top piston maka gak adamasalah, namunjika masang piston cekung atau cembung (jenong) maka Volumesilinder atau displacement tentu

    berubah karena dikurangi/ ditambahi olehcekungan dan cembungan piston crown..

    Ato rumus simpelnya..

    Volume Silinder + Volume Ruang bakar (termasuk ketebalan gasket) / Volume Ruangbakar..

    Misal Scorpio saya..

    Displacement (Volume silinder) = 223 cc

    Volume Chamber (ruang bakar) = 22.069 cc

    Volume Gasket (tebal 1.1mm) = 4.231 cc

    Piston Volume = 0 cc (Flat, gak dihitung)

    Maka rasio kompresinya adalah :

    223 + (22.069+4.231) / (22.069+4.231)

    223 + 26.3 / 26.3

    249.3 / 26.3

    = 9.47 dibulatkan jadi 9.5 : 1

    Sesuai spek di brosur..

    Rumus diaBos-bos pasti dah tahu cara ngitung Volume silinder atau displacementkan?

    Rumusnya,

    3.14 X Bore X Bore X Stroke / 4

  • 7/22/2019 Memhani Noken As

    31/32

    Misal scorpio saya lagi..

    Bore = 70 mm

    Stroke = 58 mm

    Jadi, 3.14 X 70 X 70 X 58 / 4, ketemunya 223 cc tadi..

    Tetapi, pernah baca kurva Cam, seperti ini?Ato punyaKharisma di bawah ini?

    Klep masuk buka 2 sebelum TMA, nutup 25 sesudah TMB

    Klep buang buka 34 sebelum TMB, nutup 0 sesudah TMA

    Ato Kawasaki athlete yg di post bos Hanx13 ini..

    Inlet :

    Buka : 20sebelum TMA

    Tutup : 60setelah TMB

    Durasi : 260

    Exhaust :

    Buka : 55sebelum TMA

    Tutup : 25setelah TMB

    Durasi : 260

    Yang saya BOLD adalah inlet nutup (intake closing).. SELALU menutupsetelah TMB..

    Padahal, rumus volume silnder, menggunakan Stroke (180 derajat crack setelahTMA, 0 derajat

    TMB) yg full.. alias dalam scorpio saya 58 mm..

    Dimana saat itu, KLEP HISAP MASIH MEMBUKA.. bagaimana piston mengkompresi jikaklep

    hisap masih membuka??

  • 7/22/2019 Memhani Noken As

    32/32

    Nah, karenasaya blom tahu (blom punya datanya) kapan klep hisap scorpio menutup.. Sayatrus

    mencoba mbongkar mesin tepat setelah klep hisap menutup.. jadi posisipiston di silinderseberapa.. (diukur dengan dial gauge, blom punya busurderajat) lalu ane ukur pake sigmat..

    Berapa Stroke YANG SISA, setelah klephisap menutup.. supaya bisa dicari Rasio Kompresi

    Efektifnya..

    Disebut Efektif karena baru saat itu Piston benar-benar meng kompresi..

    Disebut juga Rasio Kompresi DINAMIS

    Ketemu STROKE setelah klep hisap menutup adalah 25.4mm!! (Hampirsetengah stroke)

    Volume efektif jadinya (saat kompresi)

    3.14 X 70 X 70 X 25.4 / 4 = 97.576cc

    Rasio Kompresi efektif (Volume silinder + Volume chamber dibagi volume chamber)=

    98cc + 26.3cc / 26.3cc = 4.73